Sabtu, 29 Mei 2010

Pojok Psikologi Remaja

Memantapkan untuk pengembangan ketrampilan sosial remaja

Life Skill ( Ketrampilan Hidup ) perlu dipunyai oleh setiap manusia khususnya para remaja untuk dapanya menyesuaiakan diri dalam mengarungi kehidupan didunia ini yang semakin komplek. Hal ini karena pada masa remaja suka tidak suka sudah memasuki dunia pergaulan yang luas. Ketrampilan sosial akan menjadikan salah satu faktor penentu dimana remaja sangatlah dominan sentral egonya, dan ketampilan sosial ( Social Skill ) pada remaja dituntut untuk dapatnya mengelola menejeman emosi ( Kontrol Emosi ) kalaupun kontrol emosi tidak dapat dilaksanakan akan menyebabkan dia sulit menyesuaiakan dengan lingkungan sekitaranya bahkan dapat berakibat fatal misal: Rendah diri , dikucilkan dengan lingkungannya dalam bergaul bahkan akibatnya dapat berilaku kurang normatif. Brutal dsb. Dengan begini bagaimana dapat mengembangkan ketrampilan sosial remaja dalam rangka memantapkannya ?.

Ketrampilan Sosial yang harus dikuasai oleh remaja ada 8 aspek diantaranya :

1. Ketrampilan Komunikasi 2. Menghargai orang diri sendiri dan orang lain 3. Mendengarkan pendapat atau keluhan orang lain 4. Memberi atau menirima Feedback 5. Memberi dan menerima kritik. 6. Bertindak sesuai norma atau aturan yang berlaku 7. Dapat mengontrol emosi. 8. Mandiri

Apabila ketrampilan sosial ini dikuasi pada fase remaja, maka dia akan mampu berjalan sesuai relnya dan penyesuaian diri dapat dijalankan.

Menurut hasil studi Davis dan forsythe ( 1984 ) kedelapan aspek yang lain : antaranya

a. Keluarga : tempat pertama yang penting didalam pembentukan karekter bulding dimana disini terdapat pendidikan in formal dan waktu yang banyak untuk mendapatkan pendidikan lingkungan yang harmonis.

b. Linkungan – Sejak dini anak – anak dikenalkan dengan lingkungan dalam batas lingkungan fisik ( rumah Kelaurga ) dan Linkungan Sekolah dan Lingkungan Sosial dengan ini sejak dini sudah dapat mengetahui bahwa lingkungan sangatlah luas.

c. Rekreasi : Merupakan sekunder untuk dapatnya dipenuhi untuk penyegaran fisik dan mental.

d. Kepribadian : Kepribadian identik dengan penampilan dan tingkah laku disini amatlah penting peran orang tua menanamkan nilai – nilai yang menghargai harkat dan martabat manusia

e. Pergaulan dengan lawan jenis : disini dituntut berperan sesuai dengan jenis kelamin dan menghargai lawan jenisnya untuk dapat memudahkan pergaulan yang sehat

f. Pendidikan : Sekolah akan mengajar pengetahuan dan nilai – nilai mental dalam rangka menentukan jalan hidupnya nanti.

g. Persahabatan : Remaja cenderung mementingkan sahabat dan kelompok bermainnya dibadingkan keluarga ini hal yang biasa dialami oleh remaja orang tua perannya memotivasi remaja dalam bergaul yang positif.

h. Adaptasi : Ini Proses membantu memantapkan diri dapat bergaul dalam penyesuaian diri untuk memahami kekurangan dan kelebihan dirinya

i. Lapangan Kerja : Cepat atau lampat setiap orang akan mencari pekerrjaan untuk dapat bertahan hidup. Remaja sewaktu dibangkau sekolah sudah dibekali ketrampilan – ketrampilan dan usaha – usaha lapangan kerja untuk nantinya berkarier dimasyarakat.

Sitibondo, 21 april 2010

Penulis : Drs. Achmadi. Guru BK SMA N 1 PANARUKAN.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar