Selasa, 18 Juni 2013

CARA MEMBUAT PAKET INSTALLASI VB dan MySql SECARA PROFESIONAL

Membuat paket installasi VB dan Mysql memang gampan susah karena banyak yang mengeluhkan hal tersebut dan banyak juga teman-teman yang bertanya "Bagaimana caranya membuat paket installasi yang profesional" dalam arti user yang ingin menggunakan program aplikasi yang kita buat cukup klik next - finish program aplikasi yang diinstall langsung bisa jalan tanpa harus mengintall aplikasi-aplikasi pendukungnya.
Selama ini yang saya lihat hasil dari compiler yang teman-teman buat cukup merepotkan bagi si pengguna, karena mereka (user) belum tentu mempunyai dasar pemrograman untuk mengotak-atik dan mengkonfigurasi database MySql, MySql connector ODBC belum lagi jika ada paket aplikasi tambahan seperti font barcode bagi yang menggunakan barcode dan activeskin bagi yang program aplikasinya ingin dipercantik.
Berikut yang biasa teman-teman lakukan ketika berhasil melakukan compiler :
  1. Install program aplikasi yang sudah di compiler
  2. Install MySql server/client
  3. Install MySql connector ODBC
  4. Registrasi dll dan ocx nya (jika langsung menggunakan inno setup dan tidak ada modifikasi)
  5. Konfigurasi konektornya di data source (ODBC)
sebenarnya langkah-langkah tersebut masih membingungkan bagi para pengguna apalagi si pengguna bukan dari kalangan programmer malah tambah tidak di pakai program kita cuma gara-gara terlalu bertele-tele cara installasinya.
Sebenarnya langkah-langkah tersebut bisa diminimalisir cukup dengan klik next program aplikasi yang kita buat siap dipakai.....!
Silahkan lihat gambar berikut, ini hasil dari compiler yang saya buat :






Ketika klik selesai program aplikasi tersebut akan dengan segera dijalankan tanpa harus mengotak-atik apapun. Jika Anda tertarik dengan hasil compiler seperti ini silahkn unduh langsung disini :
Unduhan Tutorial : disini bray
Unduhan Isetup : disini coy
Unduhan Script : contoh 1 - contoh 2

Tidak ada komentar:

Posting Komentar